Profil dan Pemikiran Asep Rohmandar: Visi Transformasi Kualitas Berdampak Melalui Reformasi Komunikasi, Tata Kelola, dan Oligarki Politik
Profil dan Pemikiran Asep Rohmandar: Visi Transformasi Kualitas Berdampak Melalui Reformasi Komunikasi, Tata Kelola, dan Oligarki Politik Oleh Tim : Surya Bima Berlian Group Berikut esai yang merangkum tentang profil penulisan, latar belakang pemikiran, dan karya-karya Asep Rohmandar dalam perbaikan kualitas Pendidikan, Ekonomi, dan Politik, berdasarkan seluruh dokumen yang Anda sediakan.
Profil dan Pemikiran Asep Rohmandar: Visi Transformasi Kualitas Berdampak Melalui Reformasi Komunikasi, Tata Kelola, dan Anti-Oligarki.
Asep Rohmandar adalah seorang penulis, peneliti, dan strategic thinker yang berfokus pada perbaikan kualitas sistemik Indonesia. Pemikirannya terintegrasi antara pengembangan sumber daya manusia melalui Komunikasi Pendidikan dan reformasi struktural melalui Analisis Kritis Oligarki Politik-Ekonomi. Beliau berafiliasi dengan Masyarakat Peneliti Mandiri Sunda Nusantara Indonesia (MPMSN) dan Sundaland Society.
Latar Belakang Profil Pendidik dan Strategis
Profil Asep Rohmandar menunjukkan seorang individu yang aktif dalam riset, pelatihan, dan advokasi tata kelola yang baik:
1. Kepakaran Pendidikan dan Komunikasi: Beliau menulis buku tentang Komunikasi Pendidikan Efektif dan artikel jurnal tentang Good Education Governance. Naskahnya juga mengaitkan Kebijakan Ekonomi dengan Pendidikan menggunakan metode Logika Gellert dan Logika Enklidus. Beliau juga terlibat dalam Program Bantuan Pengembangan Modul Digital Tahun 2025.
2. Kepakaran Politik dan Tata Kelola: Ia aktif dalam kajian tentang Politik Kartel dan Kongkalikong dan Peran Civil Society dalam Perubahan Amandemen UUD 1945. Keterlibatannya juga mencakup bimbingan teknis Pengendalian Gratifikasi dari KPK.
3. Pengembangan Diri dan Strategi: Beliau mengembangkan Strategi IPOI Menjadi IPOIFR Scorecard dan telah mengikuti berbagai pelatihan, termasuk Financial Revolution Webinar dan sertifikasi Entrepreneur Character.
Inti Pemikiran dalam Perbaikan Kualitas Berdampak
Pemikiran Asep Rohmandar berupaya menciptakan dampak di tiga sektor melalui reformasi mendasar:
1. Perbaikan Kualitas Pendidikan: Kunci Komunikasi dan Tata Kelola
Beliau melihat perbaikan kualitas pendidikan sebagai prasyarat peradaban.
a. Komunikasi Efektif: Kualitas pendidikan harus diraih dengan MENGGAGAS DAN MERETAS KOMUNIKASI PENDIDIKAN EFEKTIF dari aspek teoritis, praksis, implementasi, hingga pengembangan.
b. Tata Kelola: Mutu pendidikan menengah harus didukung oleh Good Education Governance yang efektif dan berbasis praktik.
c. Profesionalisme Guru: Perancangan Program Turbo Vision bertujuan meningkatkan profesionalisme guru untuk menghasilkan peserta didik unggul.
2. Perbaikan Kualitas Ekonomi: Menghapus Rente dan Menuju High Trust Society
Kualitas ekonomi dihambat oleh kongkalikong yang merusak pasar dan menciptakan ketimpangan.
a. Anti-Kongkalikong: Kolusi antara politik, pengusaha, dan birokrat menciptakan monopoli/oligopoli dan menjadikan sektor strategis (batu bara) sebagai sumber pendanaan politik. Praktik ini harus dihapus karena sangat tidak fair dan merusak mekanisme pasar.
b. High Trust Society: Perbaikan ekonomi jangka panjang membutuhkan integritas kepemimpinan, di mana beliau menyerukan pemilihan Pemimpin Muda untuk menjadikan Indonesia "High Trust Society".
3. Perbaikan Kualitas Politik: Reformasi Konstitusional dan Anti-Oligarki
Kualitas politik terancam oleh politik kartel dan kongkalikong, yang merupakan bentuk dominasi politik pasca-Reformasi.
a. Mengikis Kartel: Politik kartel adalah kolusi antarpartai untuk membagi kekuasaan dan sumber daya negara, meminimalkan oposisi, dan melemahkan fungsi kontrol parlemen.
b. Reformasi Konstitusional: Perbaikan kualitas politik struktural harus melibatkan Peran Civil Society Dalam Perubahan Amandemen UUD 1945 menuju Persemakmuran Nusantara untuk menjamin Keadilan Inklusif Berkelanjutan.
c. Strategi: Solusinya meliputi penguatan sistem hukum, reformasi sistem kepartaian (transparansi keuangan dan demokratisasi internal), dan penguatan masyarakat sipil untuk mencegah oligarki berkuasa.
Jurnal dan Buku Pilihan (Valid dan Siap Submit)
| Jenis Karya | Judul | Penulis/Kolaborator | Penerbit/Jurnal | Tahun Terbit/Status |
|---|---|---|---|---|
| Buku | MENGGAGAS DAN MERETAS KOMUNIKASI PENDIDIKAN EFEKTIF: TINJAUAN DAN PENGANTAR TEORITIS, PRAKSIS, IMPLEMENTASI & PENGEMBANGAN | Asep Rohmandar | Penerbit Deepublish (ISBN: 978-634-01-114-9) | 2025 (Terbit) |
| Artikel Jurnal | Identifikasi Praktik Politik Kartel dan Kongkalikong di Indonesia: Analisis Komprehensif Terhadap Fenomena Oligarki Politik Kontemporer | Asep Rohmandar | Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner (E-ISSN: 3089-0128) | Vol. 02 No. 01 (2025): Oktober (Siap Submit) |
| Artikel Jurnal | Good Education Governance: Teori dan Praktik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah | Asep Rohmandar, Wulan Sari Dewi | Jurnal Ilmiah Multidisipliner (E-ISSN: 3031-9498) | Vol. 03 No. 04 (2025): Agustus (Siap Submit) |
| Artikel Jurnal | Peran Civil Society Dalam Perubahan Amandemen UUD 1945 Menuju Persemakmuran Nusantara: Menjamin Keadilan Inklusif Berkelanjutan | Asep Rohmandar | Jurnal Internasional Multidisiplin Ilmu | Vol. 1 No. 1 (2025): Oktober (Siap Submit) |
| Naskah Akademik | Analisis Tautologi Teori Kebijakan Ekonomi Dengan Pendidikan Menggunakan Metode Logika Gellert Dan Logika Enklidus | Asep Rohmandar | MPMSN Indonesia-Nusantara | 2018/2019 (Selesai) |
| Naskah Akademik | PERANCANGAN PROGRAM TURBO VISION UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DAHSYAT... | Asep Rohmandar | MPM Indonesia-Nusantara | (Siap Submit/Presentasi) | Bandung, 18Oktober 2025
Komentar
Posting Komentar